Jual Geotekstil dan Jual Geomembrane merk Urban Plastic

Menurut Facebook Direktorat Jenderal Bina Marga yang bertugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang penyelenggaraan jalan sesuai dengan ketentuan peraturan UU di Indonesia, maka definisi Geotekstil dan Geomembrane adalah sebagai berikut.

  • Geotekstil adalah setiap bahan tekstil yang umunya lolos air yang dipasang bersama fondasi, tanah, batuan atau material geoteknik lainnya sebagai suatu kesatuan dari sistem struktur, atau suatu produk buatan manusia.
  • Geomembran adalah suatu membran sintetis penyekat yang bersifat kedap air digunakan dalam rekayasa geoteknik yang berhubungan dengan bahan untuk mengontrol perpindahan zat cair dalam suatu pembangunan proyek, struktur atau sistem.

Di gambar paling atas, terlihat gambar geotekstil non woven yang diaplikasikan sebagai curing beton dalam proyek jalan tol. Sedangkan di gambar bawah, terlihat gambar geomembrane. Kedua benda ini, geotekstil atau geotextile atau geotextile non woven dan geomembrane adalah bahan plastik yang sangat penting terutama dalam proyek pembangunan infrastruktur pemerintah. Karena itulah, kedua benda ini dibahas dalam Facebook maupun Instagram Ditjen Bina Marga.

Pertama-tama, kita akan membahas Geotekstil atau Geotextile terlebih dulu. Geotekstil memiliki 2 (dua) tipe, yaitu: Geotekstil Non Woven dan Geotekstil Woven. Dalam artikel ini maka kami hanya akan membahas tentang Geotekstil Non Woven saja.

Geotekstil Non Woven adalah suatu benda plastik yang terbuat dari lapisan plastik Polypropylene atau staple fiber Polyester. Dalam proses pembuatannya, Geotekstil Non Woven ini ditusuk-tusuk oleh Jarum Needle Punch di bagian atas dan bagian bawah lapisan Geotekstil tersebut, dan dimasukkan juga ke dalam mesin rol pemanas, sehingga akhirnya Geotekstil menjadi padat dan tipis seperti yang dijual di pasaran.

Proses pemanasan di dalam mesin rol pemanas itulah yang sebenarnya meningkatkan kualitas daya tarik material Geotekstil, sehingga aplikasi Geotekstil Non Woven ini sangat cocok digunakan pada tanah-tanah yang lunak maupun lereng yang berlahan miring. Dan juga jika ditimbun di dalam tanah, maka Geotekstil Non Woven akan bertahan dalam jangka waktu yang sangat lama, sehingga tanah lunak maupun lahan miring yang telah menggunakan lapisan Geotekstil tersebut bisa dipastikan akan tetap stabil dalam jangka waktu yang lama.

Sedangkan Geomembran adalah bahan plastik yang terbuat dari HDPE/LLDPE yang kedap air, yang biasanya diaplikasikan sebagai pelindung dasar struktur penampung cairan atau air. Geomembrane yang baik dan kuat adalah geomembrane yang berfungsi untuk menghalang atau mencegah air yang tertampung tersebut agar tidak meresap masuk ke dalam tanah sekitarnya. Karena itulah biasanya Geomembran digunakan sebagai embung, sehingga ini sangat krusial untuk menampung air hujan yang biasanya akan digunakan oleh para petani setempat di musim kemarau.

Geomembrane merk Urban Plastic bukan hanya kuat sebagai penampung cairan, tapi juga tahan lama, sehingga Geomembran adalah solusi yang murah dibandingkan pembuatan danau ataupun waduk buatan.

Dalam proyek infrastuktur pemerintah, seringkali aplikasi Geotekstil dan Geomembran digabungkan. Mengapa digabungkan? Misalnya, contoh dalam pembuatan embung atau danau buatan, biasanya, jika lapisan tanahnya berkerikil atau mengandung bebatuan yang tajam-tajam, maka sebelum lapisan tanah tersebut dihamparkan dengan Geomembran, maka di atas lapisan tanah sebaiknya dihamparkan Geotekstil Non Woven terlebih dahulu. Setelah itu, barulah dihamparkan lapisan Geomembran di bagian atas lapisan Geotekstil Non Woven tersebut. Lapisan Geotekstil Non Woven digunakan untuk mencegah bebatuan yang tajam-tajam merusak lapisan Geomembrane tersebut.

Aplikasi yang sama juga digunakan dalam proyek pembangunan TPA (Tempat Pemrosesan Akhir), dimana di atas lapisan tanah akan dihamparkan Geotekstil Non Woven terlebih dahulu, barulah setelahnya dihamparkan Geomembran, sehingga benda-benda tajam seperti beling ataupun kaca tidak akan merusak lapisan Geomembran di bagian atas.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Geotekstil Non Woven dan Geomembran merk Urban Plastic, silahkan hubungi melalui: Whatsapp/Mobile Phone : +62811 1721 338 (Cila) atau https://wa.me/628111721338, atau Email : info@kapukmas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *