Jual Geomembrane Untuk Pembangunan Situ Padabeunghar di Kuningan Cirebon

Jika kita bertandang ke kawasan Kebun Raya Kuningan (KRK) di kaki Gunugn Ciremai, maka kita akan menemukan Situ Padabeunghar yang memiliki luas areal situ sebesar 1,5 Hektar, dimana situ ini memiliki tampungan 55.200 m3.  Petani setempat memanfaatkan Situ Padabeunghar untuk irigasi seluas 30 Hektar.  Selain itu, Situ Padabeunghar juga dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk konservasi dan menambah nilai pariwisata.

Situ Padabeunghar seperti terlihat pada gambar di atas adalah tempat penampungan air buatan, yang dibuat agar dapat menahan air dalam skala kecil.  Jika Anda melihat lebih dekat Situ Padabeunghar tersebut, maka Anda akan melihat pemandangan plastik tebal hitam di sekeliling Situ tersebut yang merupakan bahan penting untuk menampung air.

Plastik Hitam itu adalah Geomembrane, yang juga seringkali kita temui pada beberapa proyek di jalan atau di beberapa tambak yang sekilas terlihat seperti terpal hitam.  

Apa sih Fungsi Geomembrane untuk Pembangunan Situ Padabeunghar di Kuningan?

Sebelum kita membahas mengenai fungsi Geomembrane untuk pembangunan Situ Padabeunghar di Kuningan, mari kita terlebih dulu membahas tentang bahan dasar Geomembrane tersebut.

Geomembrane adalah lembaran plastik yang terbuat dari bahan HDPE (High Density Polyetylene) yang mempunyai tingkat impermeabilitas yang sangat tinggi dan sangat homogen sehingga mampu berfungsi sebagai lapis kedap air.

Karena Geomembrane memiliki tingkat impermeabilitas yang sangat tinggi atau terbuat dari membran tak tembus, maka Geomembrane dapat menghalangi polutan dari tanah atau lumpur mencemari air.  Dan juga Geomembrane dapat digunakan sebagai lapisan kedap untuk memisahkan bahan padat maupun cairan yang berupa limbah maupun bukan limbah dengan sifatnya yang kedap membuat tanah dasar dibawahnya tetap terjaga dan tidak tercemari.

Geomembrane merk Urban Plastic juga dapat dengan mudah dibentuk, disambung, digabungkan dengan mesin hot wedge maupun extruder.  Selain itu, Geomembrane juga mudah dan cepat untuk diperbaiki (repair).

Geomembrane merk Urban Plastic memiliki 2 bahan: Lokal dan Impor. Tentu saja Geomembrane berbahan impor lebih mahal, tetapi Geomembrane berbahan lokal juga sama kuatnya seperti bahan impor, sehingga banyak pelanggan kami yang mulai beralih memakai Geomembrane berbahan lokal dikarenakan harga lebih murah dan kualitas juga bersaing dengan bahan impor.  

Fungsi Geomembrane untuk Pembangunan Situ Padabeunghar di Kuningan adalah untuk pembuatan danau buatan yang tujuannya untuk untuk mengkonservasi air untuk irigasi bagi petani setempat sehingga walaupun dalam keadaan musim kemarau pun, penduduk setempat tetap tidak akan kekurangan air.  Bagaimana bisa Geomembrane diaplikasikan sebagai danau buatan?  Ini dikarenakan sifat geomembrane yang kedap sehingga membuat air tidak terbuang infiltrasi atau merembes masuk ke dalam tanah.

Geomembrane merk Urban Plastic memiliki ketebalan yang berbeda-beda, yaitu: 300 mikron, 500 mikron, 750 mikron, 1000 mikron, 1500 mikron dan 2000 mikron.  Kami juga memiliki sertifikat uji Geomembrane yang menguji kekuatan daya tarik dan elastisitas Geomembrane agar pelanggan kami merasa aman menggunakan Geomembrane saat pengaplikasian di proyek-proyek mereka.

Situ Padabeunghar merupakan proyek konservasi air yang berhasil untuk masyarakat setempat, sehingga kami percaya Situ Padabeunghar akan menjadi contoh untuk diimplementasikan di lokasi-lokasi pekerjaan lain untuk kelancaran irigasi di daerah-daerah lainnya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Geomembrane merk Urban Plastic, silahkan hubungi melalui: Whatsapp/Mobile Phone : +62822 9933 3938 (Simmy) atau https://wa.me/6282299333938, atau Email : info@kapukmas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *