Ingin Melakukan Usaha Milik Sendiri? | Peluang Bisnis Tali Rafia di | Jayawijaya!

Peluang Usaha Rumahan – Mempunyai sebuah bisnis sendiri yang mandiri tentu saja menjadi keinginan banyak orang, ditengah himpitan kebutuhan ekonomi yang semakin besar seperti kebutuhan makan, renovasi rumah, dan biaya pendidikan yang semakin tinggi otomatis dituntut untuk memiliki pendapatan yang lebih. Tetapi, biasanya besar pasak daripada tiang, artinya penghasilan bulanan kita tidaklah cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tersebut.

UMR (Upah Minimum Regional) dan UMK (Upah Minimum Kabupaten/Kota) memang berbeda-beda bergantung pada daerahnya masing-masing. Jika Anda masih mendapatkan gaji sesuai UMK/UMR maka bisa dipastikan dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari tergolong mepet.

Ingin Melakukan Usaha Milik Sendiri? | Peluang Bisnis Tali Rafia di | Jayawijaya!

Ingin Melakukan Usaha Milik Sendiri? | Peluang Bisnis Tali Rafia di | Jayawijaya!

Artinya gaji memang hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja, belum lagi jika sudah berkeluarga dan mempunyai anak tentu saja kita harus memutar otak supaya mendapatkan pendapatan tambahan.

Salah satu solusinya adalah kita membuka bisnis sendiri di rumah. Membuka bisnis sendiri dirumah memang susah-susah gampang, apalagi jika kita belum memiliki pengalaman yang cukup dalam membuka sebuah usaha. Tapi, paling tidak ada keuntungan membuka usaha rumahan, antara lain :

1. Tidak terikat oleh atasan, dengan waktu kerja yang lebih fleksibel
2. Modal yang digunakan relatif lebih kecil
3. Mengisi waktu senggang
4. Keuntungan yang diperoleh dinikmati oleh kita sendiri
5. Memaksimalkan apa yang ada di rumah

Ingin Melakukan Usaha Milik Sendiri? | Peluang Bisnis Tali Rafia di | Jayawijaya!

Dengan kita membuka usaha sendiri tentu saja kita adalah Bos untuk diri kita sendiri, kita tidak memiliki atasan sehingga waktu kerja kita lebih fleksibel. Menurut prasangka dan pemikiran banyak orang memang membuka usaha sendiri di rumah salah satu kendala terbesar adalah soal modal. Ya modal memang dijadikan alasan klasik banyak orang untuk memulai usaha sendiri.

Tetapi, itu tidak sepenuhnya tepat. Jika kita bisa melihat peluang pasar yang ada, sebenarnya ada banyak peluang bisnis yang dapat kita ambil dengan budget yang tidak terlalu besar. Lebih jelasnya berikut ini adalah peluang-peluang usaha rumahan :

1. Peluang Bisnis Jualan Pulsa (Buka Konter)
Salah satu usaha yang gampang dilakukan di rumah adalah dengan membuka konter pulsa. Ya, dengan tingkat pengguna smartphone kian meningkat otomatis kebutuhan akan pulsa semakin tinggi. Saya inget dulu, pulsa 5000 itu awet selama satu bulan. Kalau sekarang? 5000 buat sehari saja sudah bisa habis.

Apalagi sekarang ini tingkat prenetasi internet semakin tinggi, otomatis kebutuhan pulsa tidak hanya untuk sms dan telpon saja tetapi untuk membeli paket data internet. Sekarang ini kalau kita lihat, orang lebih butuh kuota internet daripada pulsa. Pulsa bisa dikatakan hanya untuk memperpanjang masa aktif hape saja.

Apalagi sekarang ini layanan SMS mulai ditinggalkan dengan hadirnya aplikasi-aplikasi pesan instant berbasis data internet. Aplikasi itu antara lain Whatsapp, Line dan BBM. Ketiga aplikasi itu adalah aplikasi instant messaging paling populer di Indonesia.

Kelebihan aplikasi chatting berbasis internet ini memang banyak sekali bila dibanding dengan SMS, selain harganya lebih murah (karena pakai kuota internet) kita bisa mengirim gambar, video, lokasi, file, dll dengan sangat mudah.

Karena itulah peluang bisnis jualan pulsa memang bisa dijadikan alternatif utama untuk membuka bisnis rumahan kecil-kecilan. Modalnya pun sebenarnya tidaklah banyak, kita bisa mendeposit pulsa dulu dengan jumlah yang minim, kalau sudah untung kita bisa lipatkan modal kita dari keuntungan tersebut. Dan terus menerus sampai berkembang menjadi konter yang besar.

2. Peluang Usaha Kuliner

Usaha kuliner memang tiada matinya, karena memang sejak dahulu kuliner adalah kebutuhan primer yang tidak mungkin bisa dihindari. Ada 3 kebutuhan primer yaitu sandang, papan lan pangan. Nah, kuliner atau makanan ini masuk salah satunya.

Usaha kuliner ini sangatlah banyak, mulai dari level kecil-kecilan hingga level yang lebih besar lagi. Untuk awal-awal memang kita bisa menjual kecil-kecilan terlebih dahulu misalkan dengan menjual gorengan, aneka jajanan pasar, dll. Jika kita tidak bisa memasarkannya, kita bisa menitipkan dagangan ke toko-toko atau kantin sekolahan.

Jangan salah meskipun kita hanya berjualan gorengan tetapi profit kita bisa jutaan rupiah asal kita dengan sabar menekuni usahanya. Bayangkan saja jika setiap gorengan kita untung Rp 200 saja, sedangkan kita selama seharian penuh dari pagi hingga sore atau malam bisa menjual 1000 gorengan pastilah untung kita sudah sampai Rp 200.000 sehari.

Kalau sebulan? Bisa sampai Rp 6.000.000 bukan? Itu baru gorengan saja, saya yakin menjual 1000 gorengan dalam sehari tidaklah sulit, apalagi jika Anda berada di kompleks perkotaan apalagi didekat kampus-kampus yang banyak mahasiswanya.

Selain jualan gorengan ada peluang usaha buka warung makan. Warung makan memang sangat luas sekali pasarnya, lebih-lebih seperti yang saya bilang tadi kita berada di kompleks kampus. Ada banyak sekali warung-warung makan yang berdiri disana. Mulai dari burjo yang nuka 24 jam, hingga warung-warung masakan rumah lainnya. Di jogja sendiri banyak sekali penduduk-penduduk lokal yang berjualan makanan.

Saya yakin meskipun nasinya ambil sendiri (ya prasmanan kebanyakan) mereka pasti tetap untung banyak. Jika satu porsi ambil untung Rp 2.000 saja, jika sehari sudah laku 100 porsi kan sudah untung Rp 200.000 bukan? Kita bisa mencari karyawan untuk membantu berjualan. Sangatlah cukup keuntungan kita untuk menggaji 1-2 karyawan. Hitung-hitung membuka peluang kerja.

Selain membuka warung makan, peluang usaha lainnya ialah membuka toko kue. Jika tidak ada modal kita bisa membuat kue berdasarkan pesanan, alias made by order. Saya yakin usaha kue ini tetap laris, meskipun sudah banyak bakery-bakery yang ada tetapi usaha kue rumahan tetap bisa berdiri.

Jika di bakery hanya menyediakan kue/roti yang modern saja, kita bisa mengkombinasikan dengan kue modern lengkap dengan kue-kue tradisional alias jajanan pasar.

Masih bingung lagi mau buka bisnis apa? Ada lagi yaitu peluang usaha jualan minuman seperti jus, cappucino cincau (capcin), dan minum lainnya. Selain itu kita bisa jualan minuman tradisional seperti es degan (kelapa muda) dan dawet (cendol).

Cukup membuka lapak di pinggir jalan atau tempat-tempat strategis seperti dekat kampus, kantor pemerintahan, pusat usaha, pasti dagangan laris. Jika tidak, kita bisa kerjasama dengan orang yang jualan makanan. Sewa satu ruko bareng, yang satu jualan makanan misalkan bakso, dan yang kita jualan minuman.

Ingin Melakukan Usaha Milik Sendiri? | Peluang Bisnis Tali Rafia di | Jayawijaya!

3. Peluang Usaha Buka Toko Kelontong (Warung Kecil-Kecilan)
Peluang usaha rumahan ketiga adalah membuka toko kelontong atau warung kecil-kecilan. Ya, kita bisa membuka warung kecil-kecilan di rumah kita. Kita siapkan tempat misal garasi rumah dijadikan warung kecil-kecilan. Trus darimana stok dagangan kita?

Jika tidak ada modal yang cukup, kita bisa mengontak distributor-distributor yang mau menyetok barangnya dahulu tetapi bayar kalau udah laku. Ini sangat membantu kita, karena kita tidak perlu mengeluarkan banyak modal untuk menyetok barang dagangan dulu.

Kita jual saja kebutuhan-kebutuhan sehari-hari, misalkan sabun, beras, alat-alat tulis. Untuk awal-awal sediakan barang-barang kebutuhan sehari-hari saja. Kalau sudah semakin laris bisa ditambah barang-barang dagangannya. Meskipun banyak saingan saya yakin warung kita pasti tetap akan laku. Karena Tuhan telah mengatur rejeki untuk setiap makhluk-Nya.

Di daerah tempat saya, dulu ada warung biasa saja. Tetapi, makin lama makin berkembang sekarang bila dilihat seperti mini market. Produk dagangannya cukup lengkap, dengan pegawai yang cekatan + menggunakan mesin kasir.

Inti sukses membuka warung ini adalah kita bersifat jujur kepada konsumen, jika konsumen membeli barang 1 kg ya kita kasih 1kg kalau bisa malah dikasih lebih. Jual produk yang benar-benar bermutu, tetapi harga yang wajar kalau bisa murah. Meskipun untung sedikit tapi kalau perputaran uang cepat maka untungnya juga tidak kalah besar.

4. Peluang Bisnis Laundri (Jasa Cuci)

Salah satu bisnis yang sedang naik daun sekarang ini adalah jasa laundri. Semakin banyak orang yang menekuni usaha ini. Terutama dikota-kota besar yang banyak perantauan saya yakin peluang untuk berhasil di usaha ini cukup terbuka besar.

Pilihlah lokasi-lokasi yang strategis, misalkan di area perkantoran, kampus, pemerintahan. Nah, disana pasti banyak kos-kosan atau hotel-hotel, dan disitulah peluang besarnya ada. Karena kebanyakan pegawai atau mahasiswa sudah malas karena capek seharian aktivitas maka mereka lebih senang menggunakan jasa laundri untuk urusan mencuci pakaian.

Karena itulah agar sukses di bisnis laundri maka kita harus mengutamakan kualitas cucian. Jangan asal cuci dan wangi. Karena, tidak sedikit jasa laundri yang hanya mementingkan wanginya saja. Lebih-lebih jika kita beragama Islam, kita harus benar-benar memperhatikan air cuciannya.

Jangan campur satu pakaian pelanggan dengan pelanggan lainnya. Dan cuci serta bilas dengan semaksimal mungkin dan sebersih mungkin.

Kemudian keringkan pakaian dengan benar-benar kering, karena pengalaman ada laundri yang sudah menstrika pakaian pelanggan tetapi dalam keadaan pakaiannya masih belum kering betul sehingga ketika diterima pelanggan maka pakaiannya jadi bau apek.

5. Peluang Usaha Potong Rambut

Peluang usaha rumahan lainnya adalah jasa potong rambut. Tidak sedikit orang yang menekuni usaha ini. Misalkan di dekat saya, ada bapak-bapak pada waktu pagi hingga sore bekerja di pabrik sedangkan sore hingga malam membuka jasa usaha rambut ini.

Kita asumsikan saja jasa bisnis rambut paling murah yaitu sekitar Rp 7.000 (di jogja) maka jika sehari kita bisa motong 10 kepala maka kita sudah dapat untung Rp 70.000 sehari. Kalau sebulan? Ya sudah sekitar Rp 2.000.000 uang yang dapat kita kantongi.

Memang butuh keahlian khusus untuk membuka usaha ini, lebih-lebih gaya rambut semakin lama semakin berkembang. Sebagi tukang pangkas rambut profesional, kita harus selalu update tentang gaya rambut dan alat-alat pangkat rambut. Supaya tidak ketinggalan jaman.

6. Peluang Bisnis Ternak Bebek, Ayam, atau Unggas Lainnya
Peluang bisnis lainnya adalah ternak bebek, ayam atau unggas lain. Bisnis ini cukup menjanjikan juga. Karena memang bisnis ini sangat berkaitan dengan usaha kuliner, sehingga permintaan akan barang ini setiap hari tetap bahkan cenderung meningkat.

Kita bisa bisnis telur bebek atau ayam. Untungnyapun tidak sedikit, untuk awal-awal kita ternak saja tidak usah banyak-banyak mmisalkan 100 ekor saja.

Itung-itung buat hiburan setelah penat kerja, dengan ketentuan misalkan menggunakan bebek khusus petelur. Selain bebek unggas lainnya juga tak masalah misalkan ayam, apalagi kalau ayam kampung. Karena harga telur ayam kampung lebih mahal dari ayam negeri.

7. Peluang Usaha Online
Peluang usaha terakhir adalah peluang usaha online. Di era sekarang ini bisa dikatakan internet tidak bisa lepas dari kehidupan kita, lebih-lebih untuk anak muda. Karena itulah internet mengubah sendi-sendi kehidupan termasuk untuk berbisnis.

Apapun istilahnya, mereka sukses dengan memanfaatkan internet sebagai media utamanya untuk berpromosi. Kita bisa menjual barang milik pribadi atau bisa menjual produk orang lain (broker).

Jika Anda sedang mencari peluang bisnis yang memberikan keuntungan besar untuk Anda, Anda dapat mencoba berbisnis tali rafia. Untuk lebih detailny, silahkan hubungi Kapuk Mas disini.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *