Geotextile Non Woven Termurah Merk Urban Plastic

Geotextile non woven termurah merk Urban Plastic termasuk salah satu material yang sangat penting dalam proyek pembangunan jalan. Tidak seperti geotextile woven yang bentuknya berupa anyaman terbuat dari plypropylene (PP) atau polyester (PET), geotextile non woventidak berbentuk anyaman. Jenis geotextile ini dibuat dengan menggunakan proses kimia, termal, mekanis teknik, atau kombinasi mekanis teknis dengan mesin berteknologi tinggi. Bahan yang digunakan untuk membuat material ini umumnya adalah polyester fibre, tetapi ada juga yang terbuat dari polypropylene. Jika geotextile woven tampak seperti anyaman, maka geotextile non woven tampak seperti karpet. Oleh karena itulah geotextile non woven juga sering disebut sebagai karpet jalan.

Fungsi geotextile woven adalah sebagai separator dan sebagai perkuatan tanah dasar, sementara geotextile non woven termurah merk Urban Plastic berfungsi sebagai separator serta sebagai filter alias penyaring. Tidak seperti geotextile woven yang dapat digunakan sebagai perkuatan dasar tanah, geotextile non woven justru tidak difokuskan untuk perkuatan tanah lunak karena strukturnya yang seperti karpet. Karena hal inilah geotextile non woven biasanya digunakan sebagai separator atau pemisah antara tanah timbunan dengan tanah dasar yang kondisinya cukup baik (tidak lunak). Selain berfungsi sebagai separator, geotextile non woven juga berfungsi sebagai filter yang memungkinkan air untuk mengalir ke tanah dasar tanpa membawa bagian dari tanah timbunan.

Klasifikasi Geotextile Non Woven Termurah Merk Urban Plastic

Dari segi jenis, geotextile dibagi menjadi dua, yaitu geotextile woven dan geotextile non woven merk Urban Plastic. Namun, dari kedua jenis geotextile tersebut, masih diklasifikasikan alias dikelompokkan lagi menjadi beberapa kelas geotextile yang ditetapkan oleh Departemen Pekerjaan Umum. Beberapa kelas geotextile tersebut adalah kelas 1+, 1, 2, dan 3 dengan acuan dari Departemen pekerjaan Umum. Kelas tertinggi untuk geotextile adalah 1+, tetapi sampai saat ini kelas tersebut belum terdefinisikan dengan jelas. Oleh karena itu, jika ingin menggunakan geotextile dengan kelas ini, harus disyaratkan oleh pembeli. Selain itu, karena 1+ adalah kelas geotextile yang tertinggi, spesifikasinya harus lebih tinggi dari geotextile kelas 1.

Semakin tinggi kelas geotextile non woven termurah merk Urban Plastic, semakin baik pula kualitasnya. Dalam proses klasifikasi geotextile, material tersebut harus memenuhi beberapa kriteria yang terdiri dari kuat grab (grab strength), kuat tusuk (puncture strength), kuat sobek (tear strength), dan kuat sambungan keliman (sewn seam strength). Kelas geotextile yang digunakan perlu memperhatikan kondisi saat pemasangan. Jika tempat pemasangan geotextile berpotensi memberikan kerusakan lebih tinggi pada geotextile, maka kelas geotextile yang direkomendasikan adalah kelas 1. Namun, jika kondisinya tidak terlalu parah, geotextile dengan kelas 2 dan 3 dapat digunakan. Dengan kata lain, pemilihan kelas geotextile harus disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan di lapangan.

Geotextile non woven termurah merk Urban Plastic termasuk geotextile yang berkualitas baik sehingga dapat digunakan baik sebagai separator atau sebagai filter. Sebagai filter, geotextile non woven ini biasanya digunakan sebagai pelapis atau pembungkus pipa drainase. Umumnya, pipa drainase yang digunakan adalah pipa berlubang atau pipa perforated sehingga tanah rawan masuk ke dalam pipa. Dengan menggunakan geotextile non woven yang seperti karpet dan mampu berperan sebagai penyaring, air tetap dapat mengalir dan tanah tidak akan masuk ke dalam pipa. Alhasil, pipa drainase yang dibungkus menggunakan geotextile non woven pun tidak akan mudah tersumbat atau mampet akibat tanah yang masuk ke dalam pipa. 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Geotextile merk Urban Plastic, silahkan hubungi melalui: Whatsapp/Mobile Phone : +62811 1721 338 (Ratna) atau https://wa.me/628111721338, atau Email : info@kapukmas.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.