Cara Kerja Geomat untuk Perlindungan Lereng dari Erosi

Geomat untuk perlindungan lereng dari erosi bekerja dengan cepat dan tidak membahayakan lingkungan. Itulah mengapa penggunaan geomat banyak dipilih sebagai lapisan pelindung pada lereng. Bahannya terbuat dari material yang tahan terhadap segala cuaca.

Cara kerja geomat adalah dengan menahan dan menstabilkan pergerakan dari dalam tanah. Pergerakan tersebut akan mengakibatkan erosi jika di atas permukaan lereng tidak ada vegetasi dan lapisan pelindung.

Bagaimana Cara Kerja Geomat untuk Perlindungan Lereng dari Erosi?

Fungsi utama geomat adalah sebagai lapisan pelindung lereng dari erosi. Lapisan ini dibentangkan mengikuti kemiringan dan kontur tanah lalu ditanami berbagai vegetasi. Berikut penjelasan tentang cara kerja geomat.

1. Memperlambat Pergerakan Air

Erosi adalah fenomena tanah longsor yang sering terjadi akibat hujan. Air hujan yang turun ke permukaan lereng akan menyebabkan tanah menjadi lembab. Maka tanah akan mudah bergeser dan terjadi erosi.

Pemasangan geomat dapat memperlambat pergerakan air agar tidak langsung membasahi tanah. Air hujan akan dialirkan oleh vegetasi yang tumbuh di atas geomat sebagai perlindungan lereng. Sehingga alaih-alih menyerap sampai ke dalam tanah, air hujan justru dialirkan ke bawah lereng.

Air secara alami dapat mengikis tanah, namun geomat dapat memperlambat pergerakannya dan mencegah kerusakan permukaan lereng. Gunakan geomat merek Urban Plastic untuk mencegah pergerakan air yang mengakibatkan erosi.

Selain itu aliran air hujan dapat menyerap secara perlahan-lahan ke dalam permukaan tanah. Serapan air ini tidak akan mengakibatkan pengikisan karena sudah diserap oleh sistem perakaran di dalam tanah.

2. Menjadi Tempat Tumbuhnya Vegetasi

Geomat bekerja dengan cara menjadi sarana yang mendukung pertumbuhan vegetasi. Tanpa adanya vegetasi permukaan lereng akan mudah terkena erosi. Hal tersebut diakibatkan oleh tidak adanya akar yang menahan pergeseran tanah.

Seiring berjalannya waktu geomat dapat melindungi lereng. Permukaan lereng biasanya tandus sehingga sulit ditumbuhi vegetasi. Disinilah geomat bekerja sebagai tempat tumbuhnya vegetasi. Saat vegetasi mulai berakar, maka geomat akan terdegradasi.

Tidak semua geomat dapat menjadi sarana tumbuhnya vegetasi. Hanya yang terbuat dari bahan berkualitas dan ramah lingkungan saja yang dapat bekerja efektif. Pilihlah geomat dari produsen terbaik yang jual geomat untuk perlindungan lereng dari erosi.

3. Menahan Posisi Benih Vegetasi

Geomat untuk perlindungan lereng dari erosi bergantung pada vegetasi yang tumbuh di atasnya. Tumbuhnya vegetasi dapat melindung geomat dari berbagai cuaca yang mengakibatkan kerusakan. Sehingga dibutuhkan material geomat yang kuat untuk menahan pertumbuhan vegetasi.

Geomat dapat menahan posisi benih yang mulai tumbuh ke permukaan lereng. Selain itu geomat juga menjaga benih agar pertumbuhannya tetap vertikal. Pilihlah geomat yang memiliki kekuatan untuk menahan tanah dan vegetasi dari Urban Plastic.

Ketika benih berhasil dipertahankan posisinya, maka pertumbuhan vegetasi akan menjadi subur. Dalam proses pertumbuhannya, geomat dapat membuat arah tumbuh mengikuti kontur tanah. Sehingga benih tidak akan mudah bergeser dan mempengaruhi pergerakan tanah.

Namun fungsi geomat tergantung pada bahan material pembuatnya. Ada beberapa geomat yang memiliki lapisan tebal sehingga dapat bertahan selama bertahun-tahun. Namun ada juga kualitasnya tidak terlalu bagus. Maka pastikan untuk membeli geomat di toko yang jual geomat berkualitas.

Lereng perbukitan membutuhkan lapisan pelindung agar terhindar dari pengikisan tanah. Penggunaan geomat untuk perlindungan lereng dari erosi dapat menjadi pilihan terbaik. Geomat dapat mencegah pengikisan tanah yang mengakibatkan erosi.

Agar dapat menahan pergerakan dan pengikisan tanah dibutuhkan geomat yang berbahan kuat dan memiliki kualitas tinggi. Beli geomat dari PT Urban Plastic Indonesia yang terbukti awet, bermutu, dan harganya terjangkau.

Perusahaan PT. Urban Plastik Indonesia adalah Pabrik Plastik di Indonesia yang menjual produk-produk plastik seperti Tali Rafia, Plastik Cor, Plastik Sampah, Plastik Mulsa, Selang Irigasi, Plastik Singkong, Kantong Mayat, Karung Plastik, Geotextile Non Woven, Geomembrane, Geobag, Welding Rod, biji plastik, terpal plastik, Geogrid dan Geomat. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Geomat merk Urban Plastic, silahkan hubungi melalui: Whatsapp/Mobile Phone : +62 811 1721 338 (Ais), +62 811 9151 338 (Anna), atau: Email: info@urbanplastic.id .

Leave a Reply

Your email address will not be published.